kerjasama cv anugrah jaya makmur, kkmb kaltim dan pt. trisukses bio-organic



Kita Dikenang Maju Bersama
Guna menekan penggunaan biaya pupuk dan pakan yang tinggi dengan terjadinya kerjasama yang terjalin maka diharapkan geliat usaha bidang pertanian dibawah binaan kkmb kaltim ahmad maragi makin dapat semakin besar dan berkembang sehingga sektor moneter akan semakinn terjaga, terutama berkaitan dengan biaya operasional petani yang sangat erat berdampak pada harga penjualan. Kestabilan harga dan biaya operasional akan sangat diperlukann dalam membantu para petani dan nelayan.
Pupuk yang diharapkan dapat membantu ini bisa dikatakan sebagai media tanam sekaligus pupuk "HOSC = Humus Organic Soil Conditioner " adalah Bahan organik, mencakup semua bahan yang berasal dari jaringan tanaman dan hewan, baik yang hidup maupun yg telah mati, pada berbagai tahapan (stage) dekomposisi.Bahan organik tanah (Pupuk Organik) adalah lebih mengacu pada bahan (sisa jaringan tanaman/hewan) yang telah mengalami perombakan/dekomposisi baik sebagian/seluruhnya, yg telah mengalami humifikasi maupun yg belum (Millar, 1955)
Dari definisi diatas maka limbah baik Blotong (Filter Cake) atau Vinasse merupakan bahan organik dan untuk bisa menjadi Pupuk Organik yang siap diaplikasikan maka diperlukan suatu proses Dekomposisi Bahan oleh bantuan Energize Micro-Organisme. Secara singkat proses dekomposisi tersebut memerlukan waktu 21 hari ( dekomposisi sempurna ).
Apa saja keunggulannya ?
Strong Point
Keunggulan produk pupuk organic HOSC secara umum dapat disampaikan sebagai berikut :
1. Memperbaiki sifat fisik Tanah, yaitu:
warna tanah menjadi lebih kelam, Coklat-hitam yang dapat menaikkan suhu.
Meningkatkan agregasi (granulasi tanah) dan urobilitas, agragat, aerasi (penghawaan) lebih baik, draenasi perembihan (pelulusan) lebih baik, lebih tahan terhadap erosi.
Mengurangi plastisitas pada tanah lempung (liat-clay), tanah lebih mudah diolah (lebih gembur).
Menaikkan kemampuan mengikat atau menyimpan air.
2. Memperbaiki sifat Kimia tanah, yaitu:
Menaikkan KPK. (humus mempunyai KPK>200 me/100 gr).
Merupakan salah satu sumber unsur hara (penting dalam daur/siklus unsur hara)
Merupakan cadangan unsur hara utama N,P,K dalam bentuk organik dan unsur hara mikro (Fe, Cu, Mn, Zn, B, Mo, Ca) dalam bentuk khelat (chelate) dan akan dilepaskan secara perlahan-lahan.
Meningkatkan aktivitas, jumlah dan populasi mikro dan makro organisme tanah
( merupakan sumber energi/makanan untuk bakteri, actinomycetes, cacing, serangga dll)
3. Dibanding Pupuk Kimia, penggunaan pupuk organik akan lebih menguntungkan jika ditinjau dari beberapa aspek, yaitu :
a. Lebih Ekonomis.
b. Untuk Penggunaan dalam jumlah banyak tidak menyebabkan terjadinya Fithotoksis pada tanaman.
c. Untuk penggunaan yang terus menerus dan dalam waktu yang lama tidak menimbulkan efek yang merugikan bagi lingkungan, dan tanaman.