Loading...

Sabtu, 19 Desember 2009

BUMI KRITIS AKIBAT LAHAN TANDUS, KERING, GUNDUL DAN PERTAMBANGAN DIMANA-MANA SEGERA LAKUKAN REBOISASI LAKUKAN PERBAIKAN UNSUR TANAH

(((Kita Dikenang Maju Bersama)))
***Save Our Nature For Next Generations***

Kata ini sering kali terdengar dan bahkan bagi sebagian orang sudah bosan karena terlalu sering mengucapkan dan mengingatkan kepada yang lain, bahwa bumi dalam kondisi yang sangat berbahaya, terjadinya bencana banjir, cairnya es dikutub utara serta semakin banyaknya lubang – lubang hitam terlihat dari atas bumi dengan menggunakan google map. Tidak sedikitpun membuat mereka sadar bahwa apa yang kata mereka perbuat dan lakukan yang berdalih untuk mengangkat kesejahteraan rakyat dan masyarakat sekitar sebenarnya adalah sebuah tawaran kerusakan dan kehancuran bagi anak cucu mereka, bahkan kerusakan dan dampak dari pertambangan yang mereka lakukan langsung masyarakat sekitar rasakan. Sedikit sekali yang merasakan manfaatnya. Lembaga Sosial Masyarakat, Tokoh dan Aparat kadang tidak dapat berbuat banyak pada pengusaha atau perusahaan ini. Jika tidak ada yang perduli dengan kondisi rusaknya hutan akibat pertambangan dan jika tidak secepatnya diatasi dengan mengembalikan kondisi lapisan humus dan kondisi tanah kembali menjadi hijau dari sekarang maka apa yang ditakutkan semua orang akan terjadi. Pertambangan membuat udara sekitar lokasi kekurangan oksigen, kekurangan pengikat resapan air, banyak sekali yang harus dipertaruhkan terutama kesehatan keluarga. Kami dengan beberapa teman yang bergerak dibidang lingkungan melakukan penelitian agar kondisi ini segera diatasi, kerusakan tanah akibat pertambangan harus cepat diatasi, selain kerusakan tanah akibat pertambangan juga kerusakan tanah akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebih segera diatasi, beberapa peneliti kami akhirnya berhasil menemukan solusi mengatasi ini dengan menciptakan bahan organik dari limbah yang tidak terpakai menjadi media tanam sekaligus pupuk organik yang dapat mengembalikan kesuburan tanah atau mengembalikan kondisi lapisan humus dari tanah, Kami menyebutnya PUPUK HOSC atau Didefinisikan sebagai Hasil ahir dari proses dekomposisi yang sempurna dari blotong (filter cake) dengan menggunakan bantuan Energize Micro-Organisme. Pupuk organik jenis ini berbentuk padat, remah dan berwarna hitam, dan biasa dikenal dengan nama humus.
Pupuk Organik, diposisikan sebagai bahan organik yang berupa padatan yang berfungsi sebagai bahan penambah tingkat kesuburan tanah, dan pupuk organik ini diarahkan untuk mengganti bahan organik lain seperti kompos, pupuk kandang dll. Selain Sebagai “Soil Conditioner” pupuk organik HOSC merupakan penambah unsur hara pada tanah dan berfungsi sebagai Pupuk yang bisa memperbaiki sifat tanah baik sifat fisik tanah, biologi tanah dan kimia tanah sehingga secara umum dapat memperbaiki tingkat kesuburan tanah, hal ini dikarenakan disamping kaya akan unsur hara, Pupuk organic HOSC juga mengandung gugus gula yang bermanfaat sebagai “bulk agent” atau bahan makanan awal bagi mikro organisme pengurai untuk melakukan proses dekomposisi. Kenapa harus pupuk organik dan bagaimana cara membuatnya ?

PROSES PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH.
Bahan organik adalah mencakup semua bahan yang berasal dari jaringan tanaman dan hewan, baik yang hidup maupun yg telah mati, pada berbagai tahapan (stage) dekomposisi.Bahan organik tanah (Pupuk Organik) adalah lebih mengacu pada bahan (sisa jaringan tanaman/hewan) yang telah mengalami perombakan/dekomposisi baik sebagian/seluruhnya, yg telah mengalami humifikasi maupun yg belum (Millar, 1955) maka dari definisi diatas ,limbah baik dari Blotong (Filter Cake) atau Vinasse merupakan bahan organik dan untuk bisa menjadi Pupuk Organik yang siap diaplikasikan, maka diperlukanlah suatu proses Dekomposisi Bahan oleh bantuan Energize Micro-Organisme. Secara singkat proses dekomposisi tersebut memerlukan waktu 21 hari ( dekomposisi sempurna ).

Mari Kita Perbaiki Kondisi Lahan – lahan kritis diindonesia, terutama lahan-lahan pertambangan yang gundul, tandus, rusak akibat ketiadaan lapisan humus.

www.kkmbkaltim.blogspot.com atau www.pupukhosc.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar membangun anda :